Langsung ke konten utama

Kishimoto Takeshi yang Imut Ini Ciptakan Prototipe 'GPS Tunanetra'

Kishimoto Takeshi yang Imut Ini Ciptakan Prototipe 'GPS Tunanetra' 

Jakarta - Wajahnya imut sesuai dengan usianya yang masih 14 tahun. Namun karya yang dibuat Kishimoto Takeshi tak seimut wajah dan usianya. Dia menciptakan prototipe semacam global positioning system (GPS) untuk tunanetra yang bisa bermanfaat besar.

Alat itu bernama "Talking Tactile Paving". Mesin buatan siswa kelas IX -setara kelas 3 SMP- asal Jepang ini bertujuan sebagai alat navigasi bagi para tunanetra untuk berjalan di jalanan kota yang terkenal sibuk, tanpa harus takut tersandung bahkan tersasar.

"Alat ini saya ciptakan untuk mereka yang memiliki masalah penglihatan. Karena suatu kali saya pernah mencoba berjalan dengan menutup mata seperti tunanetra namun gagal dan saya pun terjatuh," ujarnya kepada detikcom dalam pameran International Exhibitions for Young Inventors (IEYI) 2014 di Gedung SMESCO, Jalan Gatot Subroto, Pancoran, Jaksel, Jumat (31/10/2014).

Alat tersebut hanya berupa sebuah remote control kecil yang dapat digenggam tangan. Apabila diperlukan, maka para tunanetra dapat memakai ear phone untuk mendengarkan pesan navigasi yang keluar dari alat itu.

"Alat ini diharapkan berguna sebagai pemberi peringatan atau alat navigasi untuk berjalan di kota," ungkap Takeshi.

Takeshi memamerkan prototipe alatnya di atas papan berukuran 30 x 30 cm. Di atas alat itu ada 4 blok persegi berwarna hijau terang itu yang diperagakan sebagai jalan. Kemudian ada remote control yang bisa dimatikan dan dinyalakan, berisi 4 baterai AA yang disambungkan dengan kabel pada 3 PCB (Printed Circuit Board/papan sirkuit cetak-red). 3 PCB ini dihubungkan lagi dengan kabel pada jalan juga 3 pengeras suara kecil yang bentuknya bundar. Ada alat sensor dan kamera juga dalam alat buatannya.

Prinsipnya, ketika seorang tunanetra melewati sebuah jalan, untuk menghindari tabrakan dan tersesat, maka alat ini akan berbunyi dan memerintahkan orang tersebut untuk berjalan lurus atau berbelok. Mirip GPS mobil yang bisa mengeluarkan suara petunjuk "100 meter di depan, belok kiri". Atau bila di depan ada batu, diharapkan alat ini bisa memberikan peringatan, "Ada batu di depan".

Konsep yang ditawarkan alat ini berupa pesan berbicara bak alat navigasi yang akan bertujuan untuk menunjukkan arah jalan serta memberitahu para tunanetra tentang apa yang ada di sekelilingnya. Menurutnya pesan suara yang diberikan oleh mesin tersebut dapat dilakukan tergantung situasi dan kondisi dimana orang itu berada. Ke depan, Takeshi ingin menyempurnakan alat protipe ini menjadi alat kompak yang bisa dibawa-bawa para penyandang tunanetra untuk berjalan-jalan.

"Aku percaya, apabila orang mengikuti instruksi, maka hidup akan berjalan dengan mudah," tutupnya.
(sumber:http://news.detik.com)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

LAUNCHING UKM MSC FMIPA, menjadi saksi lahirnya calon ilmuan bangsa yang berdedikasi

UNIVERSITAS BENGKULU. Gedung kuliah bersama V (GKB V)     Universitas Bengkulu menjadi saksi sejarah lahirnya calon-calon ilmuan bangsa ini dengan di adakanya pembukaan MIPA Scientist Club (MSC) yang Launchingnya  Dibuka secara langsung oleh Dr.Fanani Haryowidodo M.Sc selaku dekan Fakultas MIPA Universitas Bengkulu.  

Kepada seluruh peserta  yang hadir Beliau mengatakan Di organisasi inilah Akan lahir sejarah tonggak Baru kehidupan bangsa di masa depan. seseorang pemimpin yang rasional tidak emosional, Realistis, serta idealis dan mampu berfikir fragmatis.

Artinya, program organisasi ini adalah terpercaya dan telah teruji sebagai program cemerlang dalam menyiapkan generasi hebat Universitas Bengkulu khususnya para calon ilmuan FMIPA.




Dr.fanani juga mengatakan Bahwa *tidak Ada Proses yang lebih cepat dari sebuah evolusi*
Program ini menjadi Program Baru lahir yang menjadi Unggulan di FMIPA.

Serangkaian acara pembukaan ini, dimulai dari Chek in Peserta, pembacaan doa, sambutan Demi sa…

Prestasi Mahasiswa UNIB Laskar P3M dalam Kompetisi Bisnis Mahasiswa Indonesia Tahun 2017

Kembali lagi Mahasiswa Universitas Bengkulu laskar P3M menorehkan prestasi pada barisan pemenang Kompetisi Bisnis Mahasiswa Indonesia (KBMI) oleh Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Tahun 2017 dalam ajang Program Kewirausahaan Mahasiswa Indonesia (PKMI). Hal ini diketahui melalui pengumuman Direktur Kemahasiswaan, Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia (Ditjen Belmawa Kemenristekdikti) melalui Surat Nomor: 290/B/SK/2017 tanggal 19 Juli 2017 tentang Penugasan Program Kompetisi Bisnis Mahasiswa Indonesia (PKBMI) Tahun 2017. 
Dari sekian ribu proposal, hanya terdapat 282 proposal yang diterima sebagai pemenang KBMI Tahun 2017 dan Universitas Bengkulu memiliki 5 proposal yang masuk sebagai pemenang melalui karya-karya mahasiswanya tersebut.
Adapun kelima proposal pemenang dari Universitas Bengkulu tersebut adalah : Judul : Agria-Organic Catfish : Agribisnis Budidaya Lele Sangkuriang Secar…

PESTA KARYA MAHASISWA 2018

MenujuSustainable Development GoalsTahun 2030
UKM P3M KBM UNIB Gelar Acara Nasional
PESTAKARYAMAHASISWA 2018
PujiSyukurKehadirat ALLAH SWT yang telahmemberikannikmatdanhidayah-Nya sehingga UKM P3M dapatmenyelenggarakankegiatan Nasional yang bertajukPestaKaryaMahasiwa (PKM) yang alhamdulillah telahterlaksanapadatanggal 19 Oktober 2018 – 21 Oktober 2018 denganmenghadirkanmahasiswaseluruh Indonesia.
“PestaKaryaMahasiswa(PKM) ”. PKMmerupakanrangkaiankegiatanmelibatkanseluruhmahasiswadiseluruh Indonesia.Melaluiser