Langsung ke konten utama

Studi: Ekstrak Kakao Tingkatkan Daya Ingat Orang Tua

Studi: Ekstrak Kakao Tingkatkan Daya Ingat Orang Tua 

Ternyata ada peningkatan daya ingat pada mereka yang mengkonsumsi minuman berkadar flavanol tinggi yang terdapat pada biji kakao.

Flavanol, antioksidan alami dalam kakao, membalikkan penurunan memori terkait usia pada orang dewasa berumur, menurut sebuah studi baru.
Flavanol, antioksidan alami dalam kakao, membalikkan penurunan memori terkait usia pada orang dewasa berumur, menurut sebuah studi baru. 
Dapatkah sebatang cokelat sehari mencegah hilangnya daya ingat karena usia?
Tidak juga, tapi sebuah penelitian baru menunjukkan bahwa dosis tinggi flavanol, sekelompok senyawa yang ditemukan dalam kakao dan teh dapat membalikkan penurunan memori terkait usia.
“Jika seorang peserta memiliki daya ingat setingkat orang 60 tahun pada awal studi, setelah tiga bulan, orang tersebut rata-rata memiliki memori seperti orang usia 30-40an," ujar Dr. Scott Small, profesor neurologi di Columbia University, New York, dalam pernyataan tertulis.  Ia adalah penulis senior sebuah makalah yang menggambarkan dampak flavanol pada kemampuan kognitif.
Kemampuan-kemampuan kognitif secara alami menurun dengan usia dan pada usia 50 atau 60an, dapat berdampak pada kemampuan mengingat nama atau tempat menyimpan kunci.
Untuk studi tersebut, para peneliti memberi sukarelawan berusia antara 50 dan 69 minuman berkadar flavanol tinggi yang didapat dari biji kakao atau minuman berkadar flavanol rendah. Minuman itu dibuat oleh Mars Inc., produsen cokelat global, yang sebagian mendanai riset tersebut.
Beberapa subyek penelitian mendapatkan flavanol dosis tinggi, 900 miligram sehari selama tiga bulan, sementara yang lainnya hanya mendapat dosis 10 miligram.
Penelitian difokuskan pada volume darah di sebuah bagian otak yang disebut dentate gyrus, yang bertanggung jawab atas penciptaan memori-memori baru.
Ternyata ada peningkatan yang terlihat dalam fungsi dentate gyrus pada mereka yang mengkonsumsi minuman berkadar flavanol tinggi, dan mereka juga mendapat nilai lebih baik dalam tes daya ingat, menurut para peneliti.
Craig Stark, ahli neurobiologi di University of California, Irvine, yang tidak terlibat dalam penelitian tersebut, mengatakan pada koran New York Times mengatakan hasil penelitian tersebut membuat bersemangat.
Namun sebelum pergi dan membeli sekantung cokelat, Small mengatakan banyak pembuat cokelat menyaring flavanol sehingga seseorang harus makan 25 coklat per hari untuk mencapai tingkat yang didapat dalam penelitian tersebut.
"Hal itu tidak saya rekomendasikan sebagai dokter. Itu akan melawan semua manfaat," ujarnya.
Small mengatakan studi-studi lanjutan yang lebih besar akan memutuskan jumlah minimal flavanol yang dapat dikonsumsi untuk mencapai hasil tersebut.
Sementara itu, para peserta yang juga berolahraga empat kali seminggu selama studi tersebut menunjukkan bahwa olahraga tidak berdampak pada perbaikan daya ingat.
"Bukannya olahraga tidak bermanfaat, namun mungkin orang-orang yang lebih berumur memerlukan olahraga yang lebih intens untuk mencapai kadar oksigen maksimal yang dihirup yang memiliki efek penyembuhan," ujar Small.
Studi itu dimuat dalam jurnal Nature Neuroscience.

(sumber:http://www.voaindonesia.com)

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

LAUNCHING UKM MSC FMIPA, menjadi saksi lahirnya calon ilmuan bangsa yang berdedikasi

UNIVERSITAS BENGKULU. Gedung kuliah bersama V (GKB V)     Universitas Bengkulu menjadi saksi sejarah lahirnya calon-calon ilmuan bangsa ini dengan di adakanya pembukaan MIPA Scientist Club (MSC) yang Launchingnya  Dibuka secara langsung oleh Dr.Fanani Haryowidodo M.Sc selaku dekan Fakultas MIPA Universitas Bengkulu.  

Kepada seluruh peserta  yang hadir Beliau mengatakan Di organisasi inilah Akan lahir sejarah tonggak Baru kehidupan bangsa di masa depan. seseorang pemimpin yang rasional tidak emosional, Realistis, serta idealis dan mampu berfikir fragmatis.

Artinya, program organisasi ini adalah terpercaya dan telah teruji sebagai program cemerlang dalam menyiapkan generasi hebat Universitas Bengkulu khususnya para calon ilmuan FMIPA.




Dr.fanani juga mengatakan Bahwa *tidak Ada Proses yang lebih cepat dari sebuah evolusi*
Program ini menjadi Program Baru lahir yang menjadi Unggulan di FMIPA.

Serangkaian acara pembukaan ini, dimulai dari Chek in Peserta, pembacaan doa, sambutan Demi sa…

Prestasi Mahasiswa UNIB Laskar P3M dalam Kompetisi Bisnis Mahasiswa Indonesia Tahun 2017

Kembali lagi Mahasiswa Universitas Bengkulu laskar P3M menorehkan prestasi pada barisan pemenang Kompetisi Bisnis Mahasiswa Indonesia (KBMI) oleh Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Tahun 2017 dalam ajang Program Kewirausahaan Mahasiswa Indonesia (PKMI). Hal ini diketahui melalui pengumuman Direktur Kemahasiswaan, Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia (Ditjen Belmawa Kemenristekdikti) melalui Surat Nomor: 290/B/SK/2017 tanggal 19 Juli 2017 tentang Penugasan Program Kompetisi Bisnis Mahasiswa Indonesia (PKBMI) Tahun 2017. 
Dari sekian ribu proposal, hanya terdapat 282 proposal yang diterima sebagai pemenang KBMI Tahun 2017 dan Universitas Bengkulu memiliki 5 proposal yang masuk sebagai pemenang melalui karya-karya mahasiswanya tersebut.
Adapun kelima proposal pemenang dari Universitas Bengkulu tersebut adalah : Judul : Agria-Organic Catfish : Agribisnis Budidaya Lele Sangkuriang Secar…

PESTA KARYA MAHASISWA 2018

MenujuSustainable Development GoalsTahun 2030
UKM P3M KBM UNIB Gelar Acara Nasional
PESTAKARYAMAHASISWA 2018
PujiSyukurKehadirat ALLAH SWT yang telahmemberikannikmatdanhidayah-Nya sehingga UKM P3M dapatmenyelenggarakankegiatan Nasional yang bertajukPestaKaryaMahasiwa (PKM) yang alhamdulillah telahterlaksanapadatanggal 19 Oktober 2018 – 21 Oktober 2018 denganmenghadirkanmahasiswaseluruh Indonesia.
“PestaKaryaMahasiswa(PKM) ”. PKMmerupakanrangkaiankegiatanmelibatkanseluruhmahasiswadiseluruh Indonesia.Melaluiser