Temu Wilayah MITI Klaster Mahasiswa di Universitas Jambi


Jambi [MITI KM-News]  –  Bertempat di Balai Pelatihan Kesehatan (BAPELKES) Muaro Jambi, Provinsi Jambi. Pada tanggal 27-29 Maret 2015, Masyarakat Ilmuan dan Teknolog Indonesia Klaster Mahasiswa (MITI-KM) yang diwakili oleh pengurus MITI SUMBAGSEL Dwi, Tetty, Wanti, Rini, Santi, Gito, Yusuf dan Fahmi Ketua Masyarakat Ilmuwan dan Teknolog Indonesia Klaster Mahasiswa (MTI KM) yang datang jauh dari Jogja, menyelanggarakan agenda Temu Wilayah (TEMWIL) SUMBAGSEL 2015.
Agenda tahunan ini menjadikan Provinsi Jambi menjadi tuan rumah TEMWIL SUMBAGSEL 2015. Diikuti oleh sembilan lembaga keilmiahan yang berasal dari wilayah Sumatra Bagian Selatan yakni, Lampung- Palembang- Jambi- Bengkulu- Bangka Belitung, membuat agenda berjalan khitmad. Sembilan lembaga tersebut antara lain : UKM R & P EXIST UNJA, LDK Al-Uswah IAIN STS Jambi, UKM U-READ UNSRI, KSU MU UMP, UKM P3M UNIB, KSF Media Cendekia FAPERTA UNIB, Rumah Cendekia UNILA, Nano Club UNILA dan KSU SMART UIN Raden Fatah Palembang.
Dalam sambutannya, Kadep Bina Wilayah MITI-KM 2015 Dwi Wahyuno, S.TP memaparkan bahwa, agenda TEMWIL tidak hanya bertujuan untuk  memberikan penguatan kepada pengurus lembaga keilmuan, namun juga ajang silaturahim pengurus MITI-KM dengan lembaga mitra dan calon mitra yang tersebar diberbagi wilayah agar fungsi kedua lembaga bisa berperan maksimal.
Agenda yang diresmikan oleh ketua MITI-KM 2015 Achmad Fahmi Babsyaiban, S.S ini juga memberikan pembekalan kepada lembaga yang hadir untuk bisa survive menghadapi tantangan yang ada. Dengan membagi lembaga menjadi dua bagian yakni, lembaga mandiri dan perintis membuat pengarahan semakin fokus.
Lembaga mandiri membahas tentang formulasi sistem kaderisasi yang apik dan manajemen pengelolaanCommunity Development (Comdev), sedangkan lembaga perintis berfokus pada pendirian UKM dan pola kaderisasinya. Pada kesempatan kali ini materi disampaikan secara bergantian oleh Ketua MITI-KM dan Kadep BINWIL MITI-KM 2015.
Agenda dilanjutkan pada malam hari dengan materi penulisan paper ilmiah oleh Achmad Fahmi Babsyaiban, S.S yang dimulai dengan mengkritisi kondisi kekinian yakni sepinya jurnal yang berkualitas, banyaknya pembajakan, mainstreamnya buku pabrikan dan kedangkalan suatu artikel hingga bagaimana menulis tulisan ilmah yang baik.Dilanjutkan materi pengelolaan kegiatan KSU dalam meningkatkan daya saing riset dan penalaran oleh Dwi Wahyuno, S.TP dengan memberikan stimulasi materi menggunakan KSU Model Generation yang langsung dipraktekan oleh peserta TEMWIL.
Dihari sabtu 28 maret 2015 puncak acara, acara dibuka oleh wakil Rektor Universitas Jambi. Beliau sangat mengapresiasi kegiatan Exist Fair. Kemudian dilanjutkan Seminar Nasional “Meningkatkan Semangat Pemuda Dalam Optimalisasi IPTEK” pukul 09.00 pagi hingga pukul 11.00 oleh Dr. Edi Sukur, M.Eng (Sekretaris Umum Masyarakat Ilmuwan dan Teknolog Indonesia, Direktur Edwar Technology, Peneliti) dan Drs. Maison, M.Si Ph.D. (Akademisi Universitas Jambi) Dan dilanjutkan dengan Seminar Teknopreneur Pemuda Nasional oleh Ir. Dede Martino, MP. (Enterpreneur, Teknopreneur, Dosen Universitas Jambi).
Siang harinya, dilanjutkan dengan Seminar Beasiswa oleh Retno Widyastuti (Indonesia Mengajar, International Master’s Program in Asia Pacific Studies, PPI Dunia, National Chengchi University, Taipei, Republic of China (Taiwan), Overseas Indonesian Student Association Alliance (OISAA)), Sahabat Beasiswa (Penyedia informasi beasiswa dalam dan luar negeri) dan LPDP (Lembaga Pengelolaan Dana Pendidikan).

Acara dilanjutkan hingga sore hari dengan penampilan Tari anak-anak, Flash Move oleh Panitia Exist Fair, dan pembagian hadiah pemenang lomba Karya Tulis Ilmiah dan Teknologi Tepat Guna Exist Fair. Kemudian penandatangan nota kesepahaman (MOU) antara MITI KM dan UKM R & P EXIST UNJA, LDK Al-Uswah IAIN STS Jambi, UKM U-READ UNSRI, KSU MU UMP, UKM P3M UNIB, KSF Media Cendekia FAPERTA UNIB, Rumah Cendekia UNILA, Nano Club UNILA dan KSU SMART UIN Raden Fatah Palembang.
Pada pagi ahad 29 maret 2015, para peserta mengikuti agenda field trip ke kawasan candi Muaro Jambi, Menara Gentala Arasy dan sholat zuhur di mesjid kebanggaan masyarakat Jambi, Mesjid seribu tiang dan dilanjutkan sayonara ke terminal keberangkatan masing-masing peserta TEMWIL MITI SUMBAGSEL 2015 menuju provinsinya masing-masing. (RNT/WNT)


Sumber : 
http://miti.or.id/mahasiswa/miti-km-sumbagsel-siapakan-teknopreneur-muda/

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Prestasi Mahasiswa UNIB Laskar P3M dalam Kompetisi Bisnis Mahasiswa Indonesia Tahun 2017

LAUNCHING UKM MSC FMIPA, menjadi saksi lahirnya calon ilmuan bangsa yang berdedikasi