Mengenal Pembina UKM P3M Universitas Bengkulu : Yansen, S.Hut., M.Sc., Ph.D



Kominfo P3M : Yansen dilahirkan di Kepahiang, Provinsi Bengkulu, pada 13 Januari 1977. Saat ini beliau menjabat sebagai Ketua Laboratorium Kehutanan dan dosen di Fakultas Pertanian Universitas Bengkulu. 

Pada tahun 2012, beliau menyelesaikan program Doctor of Philosophy (Ph.D) dalam bidang Tropical Biology di James Cook University Australia. Pendidikan S3 beliau ini didukung penuh oleh Australian Leadership Award Scholarship. Tahun 2007, Yansen menyelesaikan pendidikan Master of Applied Science di James Cook University dengan dukungan Australian Development Scholarship. Sedangkan pendidikan S1-nya diselesaikan di Jurusan Kehutanan Fakultas Pertanian Universitas Bengkulu pada tahun 2002. Pada tahun 2016, Ia menerima Netherland Fellowship Program untuk mengikuti International Course on Competing Claims on Natural Resources di Wageningen University, Belanda. Sedangkan pada tahun 2013, beliau berkesempatan mengikuti Climate Change Course di International Centre for Theoretical Physics, di Trieste, Italia. Keikursertaan dalam kegiatan ini didukung oleh beasiswa dari UNESCO. Pada tahun 2013, yang bersangkutan juga berkesempatan menjadi dosen tamu di Universiti Sains Malaysia. Pendidikan non formal lainnya yang pernah ditempuh adalah Asia Pacific Leadership Development Program di Canberra dan Brisbane, Australia. Kegiatan ini dilaksanakan oleh Australian Experiental Learning dan disponsori oleh AUSAID. Pada tahun 2009, beliau juga berkesempatan melakukan program internship di Australian Centre for Biodiversity Research.


Pada tahun 2008, beliau sebenarnya juga dinyatakan lulus untuk mengikuti program S3 di University of Melbourne, Australia, dengan beasiswa DIKTI dan juga menjadi reserve candidate (Asia Pacific) beasiswa Monbukagakusho untuk studi S3 di Jepang. Namun, akhirnya beliau memilih untuk mengambil studi S3 di James Cook University dengan beasiswa Australian Leadership Award Scholarship. Dalam hal penelitian, pada tahun 2011, Yansen menerima Graduate Research Scheme dari James Cook University. Selanjutnya, sepanjang tahun 2013-2016, beliau menerima dana penelitian dari Dirjen DIKTI melalui skema desentralisasi dan kompetitif nasional. Hasil penelitiannya telah dipublikasikan dalam jurnal internasional dan nasional, serta dalam konferensi ilmiah setingkat internasional dan nasional.

Beliau juga aktif menuliskan opini, analisis dan review dalam publikasi popular tingkat nasional dan internasional. Lebih dari 50 tulisan ilmiah popular diterbitkan di Harian The Jakarta Post, The Brunei Times, Kompas dan Republika. Kumpulan tulisan ini dapat dibaca di http://gfgchron.wordpress.com. Untuk kontak lebih lanjut, beliau dapat dihubungi di alamat email y.yansen@ymail.com dan yansen@unib.ac.id.

Sekian profil singkat dari pembina UKM P3M Universitas Bengkulu. Semoga dapat menjadi inspirasi dan motivasi bagi seluruh laskar P3M untuk terus memperjuangkan apa yang menjadi impiannya dalam hidup. Apapun itu pastinya harus sesuatu yang membawa manfaat bagi orang banyak. Semoga selalu diberi jalan kebaikan dan kemudahan terbaik untuk kita semua. Amin Ya Rabbal Alamin.

Salam Akselerasi.... Kita Berprestasi!!! ^_^

Untuk melihat versi pdf dapat mengunduh file INI

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Prestasi Mahasiswa UNIB Laskar P3M dalam Kompetisi Bisnis Mahasiswa Indonesia Tahun 2017

LAUNCHING UKM MSC FMIPA, menjadi saksi lahirnya calon ilmuan bangsa yang berdedikasi