Fakta Unik Agenda Scientific Communication School (SCS) Jilid 3


Scientific Communication School
Apa itu SCS?  SCS bisa dijabarkan sebagai Scientific Community School adalah sebuah wadah bagi laskar muda P3m dalam mengembangkan minat dan bakatnya dalam kepenulisan ilmiah dan softkill lainnya. Tentunya setiap mahasiswa berkewajiban untuk paham dalam dunia kepenulisan.  Hal ini akan berdampak jangka panjang dalam kehidupan mahasiswa nantinya. Karena akan selalu bertemu dengan dunia kepenulisan. Seperti tugas yang diberikan dosen, laporan praktikum,  pembuatan esai,  makalah. Basic inilah yang akan memudahkan mahasiswa untuk menyelesaikan tugas tersebut. Tak kalah pentingnya bahwa sudah banyak universitas, lembaga lainnya yang mengadakan lomba sejenis karya tulis ilmiah,  dalam bentuk paper dan esai. Skalanyapun tak kalah menarik yaitu tingkat nasional dan internasional.  Biasanya mahasiswa akan berlomba untuk mendaftar dan mengeluarkan ide sehingga bisa mengikuti perlombaan tersebut. Itulah sekilas gambaran mengenai SCS. Tahun ini sudah tahun ke 3. Penanggungjawab dari SCS ini adalah Departemen Pendidikan dan Pelatihan Ukm P3m.

Berikut beberapa fakta unik kegiatan SCS tahun ini:
1. SCS Kepengurusan 2018 Hidup kembali
    Laskar P3m dan seluruh mahasiswa Universitas Bengkulu,  perlu kalian ketahui bahwa SCS sempat vakum di beberapa tahun belakang. Pada tahun 2018 akhirnya bisa dibangkitkan lagi. Ini sebuah hal yang hebat karena mampu menghidupkan dan membangkitkan diri dari sebuah kevakuman. Memang sulit awalnya namun ini adalah sebuah perjuangan luar biasa membangkitkan kegiatan sebesar SCS ini ditingkat Universitas.  Meski masih banyak kekurangan,  ini menjadi evaluasi kedepan untuk menjadi lebih baik lagi.  Kalian yang belum daftar dan masuk P3m AYO GABUNG,  tidak akan rugi. Inilaj wadah yang tepat untuk kalian mengembangkan minat dan bakat kepenulisan ilmiah dan non ilmiah.

2. Diikuti seluruh mahasiswa baru yang terdaftar pada OIM 2018
    SCS adalah wadah lanjutan yang akan membantu laskar muda yang kiranya baru memasuki dunia perkuliahan. Disinilah wadah yang tepat dalam mengembangkan softskill laskar muda.

3. Pertemuan diadakan per minggu
    Dalam seminggu SCS diadakan pertemuan di hari minggu. Materinya pun menarik,  tidak hanya fokus penulisan tapi event-event bergengsi pun dijabarkan. Seperti halnya pada pertemuan pertama yaitu Seminar PKM. Pada kesempatan ini laskar muda disuguhi menu spesial dengan pemateri yang sudah merasakan PIMNAS. Ajang bergengsi dari Kemenristekdikti untuk mahasiswa nasional. Mungkin bisa dikatakan jika mahasiswa belum meraskan PIMNAS rasanya belum bisa dikatakan sebagai mahasiswa. Ini ajang berlomba secara nasional yang diikuti seluruh perguruan tinggi di Indonesia. Selain itu materi SCS pun tak kalah menarik yaitu Debat. Lomba Debat pun sudah meluber di mana-mana. Mahasiswa yang memiliki public speaking yang bagus bisa melatihnya dan ikut event ini. Ada juga pelatihan kepenulisan ilmiah dan desain grafis. Tentunya ini adalah penunjang softskill mahasiswa yang diperlukan dalam beberapa tahun ke depan. Manfaatnya bisa dirasakan nanti.

4. Sidang dan Wisuda
    Inilah yang ditunggu-tunggu seluruh laskar muda yang termasuk siswa SCS mereka akan sidang. Mereka diberikan tugas dalam pembuatan esai. Hasil esai ini dipresentasikan oleh beberapa juri dalam satu ruangan. Di sinilah uji mental mereka diuji. Siapa yang benar-benar mengikuti SCS dan paham semua materi akan terlihat. Public speaking akan diuji. Serta keberanian mereka pun diuji. Inilah yang namanya latihan. Setelah mereka di sidang yang paling ditunggu adalah Wisuda. Tentunya mereka dapat melihat hasil dari sebuah perjuangan. Karena hasil adalah bonus. Proses adalah usaha dalam menciptakan sebuah kemampuan.

5. Mahasiswa yang belum punya minat dan bakat akan mulai tertarik untuk mengasah
    Laskar muda p3m,  jangan cemas di sini bukan wadah yang sudah memiliki minat dan bakat. Kalian yang belum bisa apa-apa nantinya akan belajar dan diajarkan oleh kakak-kakak kece yang tentunya mereka adalah bukan mahasiswa biasa. Kalian boleh tanya dan sharing apa saja. Minta tolong apa saja.  InsyaAllah kakak-kakak laskar P3m orangnya baik hati dan juga welcome. Jadi jangan takut dan minder dulu yaa.. Tetap semangat meraih mimpi.
Itulah fakta unik yang terkuat dari sebuah agenda SCS jilid 3 semoga bisa bermanfaat dan bisa menarik minat mahasiswa untuk terus berkarya dan berproses. Dan kejutan lagi. Follow up dari SCS nanti akan ketemu dengan Nakasiwa.  Jangan sampai dilewatkan yaa.  Ditunggu oleh kakak-kakak kece laskar P3m.

"Berproses adalah sebuah perjuangan yang harus dilewati, diresapi dan dimaknai.
Orang lain bisa, kita harus bisa juga!" 
(Ae, 2018) (Red: Adel)


Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Prestasi Mahasiswa UNIB Laskar P3M dalam Kompetisi Bisnis Mahasiswa Indonesia Tahun 2017

Berita Duka | Untuk Keluarga Rosmaini