Langsung ke konten utama

UKM P3M UNIB "PEDULI" KEBAKARAN DI LAHAT DAN BANJIR SELUMA

 

Mahasiswa adalah pionir, dan aset sebuah bangsa yang kokoh. Ketika aktor sebagai mahasiswa itu mampu untuk di perankan dengan baik, maka akan baik pula negaranya. Karena berbicara terkait mahasiswa, bukan hanya gelar maha yang berarti besar, bukan hanya gelar siswa yang bermakna kaum terpelajar. Tapi mahasiswa yang semestinya, adalah mereka yang peka terhadap kondisi, kritis terhadap situasi, dan perduli tidak hanya pada diri sendiri.

Sebagai mahasiswa yang aktif dan produktif, kita dituntut untuk selalu mengembangkan potensi diri dan meningkatkan kepedulian tidak hanya pada sektor kebijakan, tetapi juga masyarakat secara luas. Aktif dalam keterlibatan langsung membantu masyarakat yang membutuhkan, aktif dalam penyaluran bantuan baik dana, tenaga, waktu, bahkan kesempatan dan doa, itulah mahasiswa.

Menyandang gelar mahasiswa, berarti juga menopang keluh dan kesah masyarakat. Sebagaimana yang tertuang dalam Tri Darma Perguruan tinggi yang menuntut mahasiswa aktif dalam bidang pendidikan, penelitian dan pengabdian terhadap masyarakat. Dan mewujudkannya dalam bentuk action yang nyata.


Aksi Bengkulu Peduli Bencana (AKU PENA), menjadi salah satu bukti pengabdian mahasiswa terhadap masyarakat.

Kegiatan ini dilakukan oleh Unit Kegiatan Mahasiswa Pengembangan, Penalaran dan Penelitian Mahasiswa (UKM P3M) dan menjadi bagian dari program kerja Community Development bersama Mahasiswa dari berbagai organisasi lain seperti MRI, BEM FMIPA Unib, CMC Stikes TMS, BSMI, RKP, Rumah Zakat, UKM Rotashih, Gematasti, Pramuka Unib, WAMI, dan Komunitas As Saff Pagaralam, dengan melakukan aksi penggalangan dana di jalan-jalan ramai lalu lintas di Kota Bengkulu. Aksi ini dilatarbelakangi oleh peristiwa kebakaran hebat yang mengahanguskan kurang lebih 69 Rumah di  Kabupaten Lahat dan peristiwa musibah banjir yang terjadi di Kabupaten Seluma.

Aksi dilakukan pada hari sabtu dan minggu, 10-11 Oktober 2020 dengan pembagian titik aksi di jalanan seperti Simpang Lima, Simpang Skip, Simpang Padang Harapan, Simpang Empat Danau, dan Simpang Jam pada Hari Sabtu dan area sekitaran pantai pada hari minggu.

Aksi kemanusiaan yang dilakukan oleh UKM P3M bersama organisasi lain di Kota Bengkulu berhasil menghimpun dana sebesar Rp. 12.769.700 selama dua hari.

Hasil dari penggalangan dana tersebut kemudian akan disalurkan kepada korban yang terkena dampak dari musibah kebakaran di Kabupaten Lahat dan Banjir di Kabupaten Seluma.

Aksi kemanusiaan ini diharapkan selain dapat memberikan kebermanfaatan bagi mereka yang terdampak musibah, tetapi juga bisa melatih kepekaan mahasiswa terhadap orang lain yang membutuhkan. Karena sejatinya ketika kita memudahkan urusan orng lain, maka Allah akan memudahkan urusan kita baik di dunia maupun di akhirat.

Salam pengabdian,

 

Departemen Community Development




Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

LAUNCHING UKM MSC FMIPA, menjadi saksi lahirnya calon ilmuan bangsa yang berdedikasi

UNIVERSITAS BENGKULU. Gedung kuliah bersama V (GKB V)     Universitas Bengkulu menjadi saksi sejarah lahirnya calon-calon ilmuan bangsa ini dengan di adakanya pembukaan MIPA Scientist Club (MSC) yang Launchingnya  Dibuka secara langsung oleh Dr.Fanani Haryowidodo M.Sc selaku dekan Fakultas MIPA Universitas Bengkulu.   Kepada seluruh peserta  yang hadir Beliau mengatakan Di organisasi inilah Akan lahir sejarah tonggak Baru kehidupan bangsa di masa depan. seseorang pemimpin yang rasional tidak emosional, Realistis, serta idealis dan mampu berfikir fragmatis. Artinya, program organisasi ini adalah terpercaya dan telah teruji sebagai program cemerlang dalam menyiapkan generasi hebat Universitas Bengkulu khususnya para calon ilmuan FMIPA. Dr.fanani juga mengatakan Bahwa *tidak Ada Proses yang lebih cepat dari sebuah evolusi* Program ini menjadi Program Baru lahir yang menjadi Unggulan di FMIPA. Serangkaian acara pembukaan ini, dimulai dari Chek in Peserta, pembacaan doa, sa

PESTA KARYA MAHASISWA 2018

Menuju   Sustainable Development Goals   Tahun 2030 UKM P3M KBM UNIB  Gelar Acara Nasional PESTA   KARYA   MAHASISWA 2018 Puji Syukur Kehadirat ALLAH SWT yang telah memberikan nikmat dan hidayah-Nya sehingga UKM P3M dapat menyelenggarakan kegiatan Nasional yang bertajuk Pesta Karya Mahasiwa (PKM) yang alhamdulillah telah terlaksana padatanggal 19 Oktober 2018 – 21 Oktober 2018 dengan menghadirkan mahasiswa seluruh Indonesia. “ P e sta K a r y a Mah a si s w a (PKM) ” . PKM merupakan rangkaian kegiatan melibatkan seluruh mahasiswa diseluruh Indonesia. Mel a lui s e r a n g k a ian k e g i a tan y a n g disel e ngg a r a k a n yaitu Lomba Karya Tulis Ilmiah Mahasiswa Tingkat Nasional dan Seminar Nasional. Dengan rangkaian kegiatan tersebut diha ra p k a n te rc ip t a n y a g e n e r a si b a n g sa y a n g p r o f e sional, a hl i , d a n b e rkomp e ten d a lam s e t ia p bidang i l mu y a n g me r e ka t e kuni. L

Prestasi Mahasiswa UNIB Laskar P3M dalam Kompetisi Bisnis Mahasiswa Indonesia Tahun 2017

Kembali lagi Mahasiswa Universitas Bengkulu laskar P3M menorehkan prestasi pada barisan pemenang Kompetisi Bisnis Mahasiswa Indonesia (KBMI) oleh Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Tahun 2017 dalam ajang Program Kewirausahaan Mahasiswa Indonesia (PKMI). Hal ini diketahui melalui pengumuman Direktur Kemahasiswaan, Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia (Ditjen Belmawa Kemenristekdikti) melalui Surat Nomor: 290/B/SK/2017 tanggal 19 Juli 2017 tentang Penugasan Program Kompetisi Bisnis Mahasiswa Indonesia (PKBMI) Tahun 2017.  Dari sekian ribu proposal, hanya terdapat 282 proposal yang diterima sebagai pemenang KBMI Tahun 2017 dan Universitas Bengkulu memiliki 5 proposal yang masuk sebagai pemenang melalui karya-karya mahasiswanya tersebut. Adapun kelima proposal pemenang dari Universitas Bengkulu tersebut adalah : Judul : Agria-Organic Catfish : Agribisnis Budidaya Lele Sa