Langsung ke konten utama

"UNIB MENGABDI UKM P3M" PEMBERIAN BANTUAN ALAT CUCI TANGAN OTOMATIS KARYA LASKAR P3M

 

Unib mengabdi merupakan salah satu proker dari Departemen Comdev (Comunity Development) dalam naungan organisasi P3M yang bekerjasama dengan UKM keilmuan selingkup universitas seperti Medika, Medira, Ercom, MSC dan Forsei.

Unib mengabdi pertama kali di bentuk pada tahun 2018  dengan sekolah binaan di MA Mambaul Ulum di kabupaten Bengkulu Tengah yang bertujuan untuk mengedukasi murid-murid MA Mambaul Ulum agar lebih berprestasi baik dalam karya ilmiah, non ilmiah, baik itu softskill di bidang pertanian, IT, kewirausahaan dan lain-lain. 

Akibat pandemi Covid 19, pelaksanaan unib mengabdi yang sebelumnya di sebut (unib mengajar) terpaksa terhenti pada bulan Maret 2020. Program ini tidak dapat di lanjutkan karena social distancing. 

Pada era new normal, kegiatan belajar mengajar di Ma Mambaul ulum dilakukan secara daring-luring. Dimana siswa secara terjadwal akan datang beberapa kali dalam seminggu ke MA untuk mengumpulkan tugas. Untuk mencegah penularan virus covid 19, baik itu siswa maupun guru, staff dan pengunjung MA harus memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan. 

Adanya inovasi alat hand sanitizer otomatis, sabun otomatis dan galon otomatis yang di rancang sedemikian rupa oleh salah satu pengurus dari ukm P3M saudara Ade Anggian Hakim, yang dapat mencegah penularan virus dengan cara kerja alat yang dapat beroperasi secara otomatis tanpa perlu menyentuh alat.

Karena hal tersebut, ukm P3M dan ukm keilmuan selingkup universitas berinisiatif untuk memberi 'alat canggih' tersebut sebagai pengabdian untuk MA Mambaul ulum yang di harapkan dapat bermanfaat bagi siswa-siswi, guru dan staff lainnya.









Pelaksanaan kegiatan penyerahan alat cuci tangan otomatis di MA Mambaul Ulum dilakukan pada hari  Jum'at, 23 Oktober 2020. Kegiatan diikuti oleh perwakilan dari UKM P3M, dan UKM-UKM Keilmuan tingkat Fakultas seperti Medika, Ercom, Medira, MSC dan Forsei. Sedangkan dari pihak MA Mambaul Ulum sendiri langsung di hadiri oleh Kepala MA Mambaul Ulum dan beberapa siswa/i.

Kegiatan sendiri bukan hanya sekedar penyerahan alat. Akan tetapi juga adanya edukasi tentang alat itu sendiri, bagaimana pembuatan sampai dengan cara penggunaannya. Edukasi dilakukan kepada siswa/i MA Mambaul Ulum yang hadir pada kesempatan tersebut.

Adapun harapan dari dilakukannya kegiatan Unib Mengabdi ini dapat membantu MA Mambaul Ulum dalam mencegah penyebaran covid-19. Selain itu kegiatan ini juga diharapkan dapat menumbuhkan rasa peduli di dalam diri mahasiswa dalam hal ini tentunya para laskar UKM P3M UNIB terhadap lingkungan sekitar dan orang banyak.

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

PESTA KARYA MAHASISWA 2018

Menuju   Sustainable Development Goals   Tahun 2030 UKM P3M KBM UNIB  Gelar Acara Nasional PESTA   KARYA   MAHASISWA 2018 Puji Syukur Kehadirat ALLAH SWT yang telah memberikan nikmat dan hidayah-Nya sehingga UKM P3M dapat menyelenggarakan kegiatan Nasional yang bertajuk Pesta Karya Mahasiwa (PKM) yang alhamdulillah telah terlaksana padatanggal 19 Oktober 2018 – 21 Oktober 2018 dengan menghadirkan mahasiswa seluruh Indonesia. “ P e sta K a r y a Mah a si s w a (PKM) ” . PKM merupakan rangkaian kegiatan melibatkan seluruh mahasiswa diseluruh Indonesia. Mel a lui s e r a n g k a ian k e g i a tan y a n g disel e ngg a r a k a n yaitu Lomba Karya Tulis Ilmiah Mahasiswa Tingkat Nasional dan Seminar Nasional. Dengan rangkaian kegiatan tersebut diha ra p k a n te rc ip t a n y a g e n e r a si b a n g sa y a n g p r o f e sional, a hl i , d a n b e rkomp e ten d a lam s e t ia p bidang i l mu y a n g me r e ka t e kuni. L

LAUNCHING UKM MSC FMIPA, menjadi saksi lahirnya calon ilmuan bangsa yang berdedikasi

UNIVERSITAS BENGKULU. Gedung kuliah bersama V (GKB V)     Universitas Bengkulu menjadi saksi sejarah lahirnya calon-calon ilmuan bangsa ini dengan di adakanya pembukaan MIPA Scientist Club (MSC) yang Launchingnya  Dibuka secara langsung oleh Dr.Fanani Haryowidodo M.Sc selaku dekan Fakultas MIPA Universitas Bengkulu.   Kepada seluruh peserta  yang hadir Beliau mengatakan Di organisasi inilah Akan lahir sejarah tonggak Baru kehidupan bangsa di masa depan. seseorang pemimpin yang rasional tidak emosional, Realistis, serta idealis dan mampu berfikir fragmatis. Artinya, program organisasi ini adalah terpercaya dan telah teruji sebagai program cemerlang dalam menyiapkan generasi hebat Universitas Bengkulu khususnya para calon ilmuan FMIPA. Dr.fanani juga mengatakan Bahwa *tidak Ada Proses yang lebih cepat dari sebuah evolusi* Program ini menjadi Program Baru lahir yang menjadi Unggulan di FMIPA. Serangkaian acara pembukaan ini, dimulai dari Chek in Peserta, pembacaan doa, sa

Prestasi Mahasiswa UNIB Laskar P3M dalam Kompetisi Bisnis Mahasiswa Indonesia Tahun 2017

Kembali lagi Mahasiswa Universitas Bengkulu laskar P3M menorehkan prestasi pada barisan pemenang Kompetisi Bisnis Mahasiswa Indonesia (KBMI) oleh Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Tahun 2017 dalam ajang Program Kewirausahaan Mahasiswa Indonesia (PKMI). Hal ini diketahui melalui pengumuman Direktur Kemahasiswaan, Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia (Ditjen Belmawa Kemenristekdikti) melalui Surat Nomor: 290/B/SK/2017 tanggal 19 Juli 2017 tentang Penugasan Program Kompetisi Bisnis Mahasiswa Indonesia (PKBMI) Tahun 2017.  Dari sekian ribu proposal, hanya terdapat 282 proposal yang diterima sebagai pemenang KBMI Tahun 2017 dan Universitas Bengkulu memiliki 5 proposal yang masuk sebagai pemenang melalui karya-karya mahasiswanya tersebut. Adapun kelima proposal pemenang dari Universitas Bengkulu tersebut adalah : Judul : Agria-Organic Catfish : Agribisnis Budidaya Lele Sa